Shahih Wasiat Rasulullah S.A.W



Ada banyak perkara penting yang ditekankan oleh Rasulullah SAW. Ini agar umatnya lebih serius memerhatikan. Seolah-olah hal tersebut merupakan wasiat-wasiat menjelang wafatnya karena saking pentingnya.

Apalagi, pada dasarnya, perkataan, perbuatan, dan ketetapan (persetujuan) Rasulullah adalah dalil syariat dan ibadah yang harus digunakan kaum Muslimin untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebab, pada setiap perbuatan dan perkataannya adalah pemberi petunjuk ke pada setiap kebaikan, pemberi peringatan dari segala keburukan, penyeru kepada Allah dengan izin-Nya, serta lentera yang senantiasa menyinari.

Buku ini mengumpulkan wasiat-wasiat pilihan Rasulullah yang disarikan dari hadis-hadis yang sudah dipastikan kesahihannya. Penulis secara khusus memilih 70 wasiat yang sudah pasti sangat penting diketahui oleh kaum Muslimin.

Diawali dengan pentingnya kalimat tauhid, lalu pentingnya menghindari tujuh perkara yang membinasakan, pentingnya menjaga Allah agar selalu dijaga oleh Allah, kewajiban mencintai Nabi Muhammad, dan pentingnya beriman, lalu istiqamah.

Wasiat lainnya adalah pentingnya memerhatikan halal-haram, agama adalah nasihat, keutamaan menuntut ilmu, keutamaan wudhu, darah istihadhah, shalat sesuai cara Nabi, dan tiga hal yang mengikuti mayat.

Setiap wasiat tersebut dikupas oleh penulis dengan menerangkan makna hadis secara jelas dan detail, termasuk pembahasan mengenai akar katanya. Kemudian, penulis membahas hadis tersebut dengan menjelaskan arti, perincian, jenis-jenis hal tersebut (misalnya jenis-jenis syirik), manfaat dan mudarat, hukum.

Selain bersandarkan kepada Alquran dan sunah Rasulullah, penulis juga melengkapi pembahasannya dengan perkataan para sahabat, tabi’in, dan para ulama, secara ringkas, padat, namun berbobot. Hal itu membuat uraian buku ini makin meresap dan membekas dalam hati para pembacanya.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh kaum Muslimin agar bisa menambah wawasan keislaman dan meningkatkan kualitas keberagamaan. Sekaligus menjadikannya sebagai sandaran dalam beribadah kepada Allah.

Judul         : Shahih Wasiat Rasulullah
Penulis     : Syaikh Abu Ubaidah Usamah bin Muhammad Al-Jamal
Penerbit    : Pustaka As-Sunnah
Cetakan    : I, Mei 2012
Tebal         : 880 hlm

Daftar isi :